Benarkah 'Micin' Penyedap Makanan Bikin Seseorang Obesitas?

- Rabu, 14 September 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi MSG. (FREEPIK/KamranAydinov)
Ilustrasi MSG. (FREEPIK/KamranAydinov)

Jika ada yang berpendapat bahwa micin alias MSG bisa menyebabkan obesitas hal tersebut sama sekali tidak benar. Karena penyebab obesitas gak hanya disebabkan oleh satu faktor saja.

Dilansir Antara, Spesialis gizi klinik dr Arti Indira, MGz, SpGK, FINEM mengatakan penyakit degeneratif seperti obesitas dan hipertensi tidak disebabkan oleh bumbu umami seperti monosodium glutamate (MSG).

"Penyebab obesitas itu sendiri sangat kompleks (multi-faktorial), sehingga tidak bisa disebabkan dari satu faktor saja," kata dr Arti dikutip dari Antara.

Menurutnya, penyebab obesitas berhubungan erat dengan asupan makan, aktifitas fisik, genetik dan lingkungan.

Baca juga: Pola Makan yang Bisa Menyebabkan Obesitas, Salah Satunya Sering Skip Sarapan

"Sejauh ini tidak ada penelitian yang menitikberatkan bahwa obesitas disebabkan oleh bumbu penyedap seperti MSG," jelasnya.

Salah satu faktor terbesar dari obesitas ialah pola makan yang  berlebihan. Itulah kenapa penting menjaga pola makan sehari-hari yang mengandung gizi seimbang.

Untuk menghindari obesitas, disarankan agar mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengurangi konsumsi garam. Standar penggunaan garam yang ideal adalah kurang dari 5 gram.

Selain itu, penting juga untuk tetap melakukan aktivitas seperti berolahraga dengan rutin untuk mencegah terjadinya obesitas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ternyata Ini Kondisi Amandel yang Harus Dioperasi

Selasa, 3 Oktober 2023 | 16:28 WIB

Ini Penyebab dan Cara Hindari Kesemutan

Senin, 2 Oktober 2023 | 15:35 WIB

3 Buah-Buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Senin, 25 September 2023 | 14:05 WIB
X